6 Faktor Obat Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita

6 Faktor Obat Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita

6 Faktor Obat Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita. Penyebab disfungsi seksual wanita selanjutnya adalah faktor obat. Banyak wanita berusaha keras mencari penyebab rendahnya libido atau gairah seksual mereka. Stres, lelah, depresi, ganguan seksual, penyakit neorologis, masalah kesuburan, alkohol, hinga masalah rengangnya ikatan emosional dengan pasangan adalah beberapa penyebab timbulnya disfungsi seksual. Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita solusipun dicari, termasuk mengomsumsi obat untuk memecahkan masalah kesehatan tersebut. Akan tetapi alih-alih sembuh, beberapa obat justru bertangung jawab terhadap kurangnya nafsu seksual. Berikut ini adalah faktor beberapa jenis obat-obatan yang dalam dosis tertentu dapat mengakibatkan disfungsi seksual.

6 Faktor Obat Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita

1. Obat Kontrasepsi  Hormonal

Obat kontrasepsi hormonal yang digunakan oleh wanita, baik digunakan secara di minum maupun bukan, berisiko tinggi terhadapat disfungsi seksual wanita atau Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita.

2. Obat Antidepresan

Obat antidepresan memamng mampu membuat pengunanya merasa lebih bahagia, ternyata obat ini ternyata juga bisa menjadi penyebab rendahnya gairah seksual bagi wanita meminumnya. Selain itu obat-obatan yang termasuk kategori SSRI ( Selektive Seretonin Reuptake Inhibitor ) ini juga mempersulit seseorang untuk mencapai orgasme. Obat Antidepresan bekerja dengan mengubah kadar zat-zat kimia tertentu didalam otak, seperti meningkatkan level sorotonin yang berdampak negatif terhadap libido.

3. Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat-obatan termasuk dalam kelompok opioid medication untuk menghilangkan rasa sakit juga dapat mengurangi nafsu dalam berhubungan seksual. Menurut sebuah setudi yang dipublisasikan dalam jornal of Clinical Endocrinology and Metabolisme, sebanyak 65% wanita dilaporkan mengalami penurunan gairah seksual. Dan, tersebut disebabkan oleh obat-obatan yang menekan produksi, sejumlah hormon, seperti testosteron yang mempergaruh terhadapa libido.

4. Obat Tekanan Darah Tinggi

Faktanya, penyakit tekanan darah tinggi sendiri bisa penyebabkan Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita. Akan tetapi, obat antihipertensi pun memiliki dampak negatif nafsu seksual, terutama obat-obatan diuretik dan beta blocker. Pengaruh terhadap wanita masalah yang umum timbul adalah kurangnya produksi cairan vagina yang berfungsi sebagai pelumas sebagai hubungan intim.

5. Obat Antihistamin

Obat-obatan umum, seperti obat antihistamin yang digunakan untuk mengatasi masalah alergi, ternyata juga bisa menjadi penyebab berkurangnya gairah seksual. Menurut Cleveland Cinic, pengunaan obat antihistamin dapat memicu masalah ejakulasi pada wanita serta menghabat gairah seksual. Obat antihistamin bekerja dengan cara mempergaruhi bagian sistim saraf yang bertangung jawab terhadap rangsangan seksual dan orgasme, serta bisa menyebabkan kekeringan pada vagina pada wanita.

6. Obat Penurun Kolesterol

Yang terahir Penyebab Rendahnya Libido Gairah Seksual Wanita obat penurun kolesterol, fibrate dan statin yang digunakan sebagai obat penurun kolesterol dapat berdampak buruk terhadap libido. Hal ini karna kolesterol terlibat dalam produksi hormon-hormon seks, seperti testoteron, progesteron, dan estrogen. Sehinga obat penurun kolesterol, dalam beberapa kasus, juga ikut mempengaruhi naluri seksual seseorang. Dibandingkan dengan statin, fibrate lebih bertangung jawab atas sejumlah masalah seksual, seperti berkurangnya gairah bercinta dan disfungsi ereksi. Akan tetapi, para ilmuwan mengatakan bahwa resiko penurunan libido gairah seksual wanita karena obat-obatan cukup rendah.

Baca juga kesehatan seksual wanita: Hipertensi, Penyebab Hipertensi, Pencegahan Hipertensi