Cinta Menyatukan Hati dan Jiwa

cintamenyatukanhatidanjiwa

Memang betul perbedaan memberi keunikan dalam hidup kita masing-masing. Namun, bagaimana dua insan dapat bersatu apabila mereka memiliki tujuan dan arah yang berbeda. Cinta adalah satu hal yang begitu abstrak. Cinta tidak dapat dilihat, tidak dapat didengar, tidak dapat disentuh melainkan hanya dapat dirasakan. Cinta identik dengan sesuatu yang indah, damai dan menyentuh. Semua orang merasakan indahnya mencintai dan dicintai. Semua orang tersenyum karena cinta. Semua orang tertawa karena cinta. Semua orang bahagia karena cinta.

Cinta mempunyai dua macam kekuatan inti yang mempengaruhi kehidupan manusia. Cinta dapat menjadi penyatu namun tak jarang menjadi penghancur. Hal yang akan dielaborasikan dalam artikel ini adalah kekuatan cinta untuk menyatukan manusia.

Kita ada sampai detik ini karena cinta. Cinta yang hadir ditengah keluarga, cinta yang hadir dalam pergaulan dan cinta yang hadir dalam hati kita sendiri. Keluarga yang saling mencintai membuat orang tua kita senantiasa bersatu dan bekerja sama untuk merawat kita hingga saat ini. Seorang ayah yang senantiasa bekerja siang malam untuk menafkahi keluarganya juga karena cinta. Ibu yang bangun begitu pagi untuk memasak makanan untuk keluarganya juga karena cinta.

Cinta yang hadir dalam pergaulan sungguh kompleks adanya. Cinta dalam pergaulan tidak hanya sebatas sepasang kekasih yang menjalin hubungan, namun jauh lebih kompleks dari hal tersebut. Jauh sebelum sepasang kekasih menjalin hubungan, karena adanya cintalah mereka bersahabat, karena cintalah mereka saling membantu dalam segala hal dan karena cintalah mereka saling mengisi satu sama lain. Senyuman dan canda dalam pergaulan sehari-hari tak lepas dari kata cinta.

Perasaan ingin melindungi yang terkadang berlebihan, yang nantinya bisa memicu keposesifan dalam persahabatan dan berujung pada konflik, pun tidak lepas dari pengaruh cinta. Rasa ingin melindungi atau memiliki dalam pergaulan sehari-hari pun tak lepas dari adanya pengaruh cinta.

Selain semangat dan percaya diri, adanya cinta dalam hati kita adalah hal kuat yang membuat kita dapat berdiri di kaki sendiri. Bayangkan jadinya jika tidak ada cinta dalam hati kita? Hidup hingga waktu Saudara membaca artikel amatir ini pun rasanya tidak dapat dipastikan. Ada kalanya jiwa seseorang berada di tempat yang begitu dalam. Hati dan pikirannya benar-benar jatuh. Namun sesuatu yang membuat seseorang dapat bangkit kembali berdiri tegak adalah cinta. Bertahan dan melanjutkan hidup kedepan, tidak mengakhiri hidup dengan konyol disebakan karena cinta akan dirinya sendiri, cinta akan keluarga dan cinta akan orang-orang yang hadir dalam kesehariannya.

Begitu indahnya Tuhan hadirkan rasa cinta di setiap insan. Cinta satukan hati tiap insan dan karena cintalah setiap insan bersatu.