Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah

Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah

Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah adalah suatu penyakit gangguan kesehatan yang di tandai meningkatnya kadar gula dalam darah di karnakan tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah juga di kenal penyakit kencing manis, yang mempunyai jumlah penderita yang cukup banyak di indonesia dan seluruh dunia.

Kepada orang yang sehat, karbohidrat dalam makanan yang di komsumsi akan diubah menjadi glokosa yang kemudian didistribusikan ke sel seluruh tubuh untuk dijadikan enerji dengan bantuan insulin. Pada penderita Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah atau kencing manis, glukosa susah masuk kedalam sel dikarnakan sangat sedikit atau tidak adanya insulin di dalam tubuh. Akibatnya, kadar glukosa di dalam darah menjadi tinggi, sehingga menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh.

Kadar gula yang tinggi akan di buang melalui air kencing, sehingga air seni penderita Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kencing manis akan mengandung gula dan setiap membuang air seninya dikeributi dengan semut. Selanjutnya penderita menjadi kekurangan energi. Mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air kecil, gatal-gatal dan lain sebagainya. Penderita Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kencing manis saat puasa atau normalnya lebih dari 200 mg/dl. Sementara pada orang normal, kadar gulanya hanya berkisar 60-120mg/dl.

Penyakit Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kencing manis biasanya menjadi pemicu penyakit-penyakit yang lainya, seperti gangguan pengelihatan mata, katarak, penyakit jantung, penyakit ginjal, ipotensi, luka sulit sembuh dan membusuk, infeksi paru-paru, gangguan pembulu darah, strok, dan lain sebagainya. Tak jarang penderita Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kencing manis yang parah bisa diamputasi angota tubuhnya karena terjadi pembusukan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk melakukan perwatan yang serius dan menjalani gaya hidup yang sehat, baik bagi yang masih sehat maupun yang sakit.

Ada 2 tipe Diabetes Mellitus, yaitu Diabetes Mellitus tipe 1 dan Diabetes Mellitus tipe 2. Pada Diabetes Mellitus tipe 1. tubuh kekurangan hormon insulin atau bisa di sebut IDDM ( insulin dependent Diabetes Mellitus ). Sementara, pada Diabetes Mellitus tipe 2, hormon insulin di dalam tubuh tidak dapat berfungsi semestinya atau bisa di sebut NIDDM ( non-insulin dependent Diabetes Mellitus ).

Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kecing manis bukan 100% penyakit turunan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh riwazat keturunan maupun gaya hidup yang buruk. Setiap orang bisa terkena Diabetes Mellitus, baik tua maupun muda. Maka dari itu, bagi Anda yang mempunyai orang tua pengidap Diabetes,  Anda patut waspada karena Anda juga memiliki resiko terkena Diabetes Mellitus jika tidak menjalankan kehidupan yang sehat.

Resiko terkena Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah kecing manis bisa dikurangi dengan mengatur pula makanan yang sehat, rajin berolah raga, tidur yang cukup, menghindari merokok, tidak minum-minuman keras dan lain sebagainya. Bagi Anda yang sudah terkena Diabetes Mellitus, sebaiknya Anda berolah raga setiap pagi serta mengomsumsi makanan rendah kabohidrat dan lemak, namun tinggi protein, vitamin dan mineral.

Di samping itu, Anda bisa memperbanyak makanan sayuran dan makanan yang berserat tinggi lainya. Rajin-rajinlah memeriksa kandungan gula darah Anda dan menginjeksi insulin kedalam tubuh, serta minum obat bila diperlukan sesuai petunjuk dokter secara teratur. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari resiko efek yang lebih parah.

Nah., Itulah penyebab disfungsi seksual wanita yang ke 8, yaitu Diabetes Mellitus Penyakit Gula Darah, artikel berikutnya masih membahas penyebab disfungsi seksual wanita yang ke 9 yaitu Hipotiroid.

Baca juga kesehatan seksual wanita: Endometriosis, Gejala dan Pengobatan Endometriosis