Kanker Serviks, Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks

Kanker Serviks, Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks

Kanker Serviks

Kanker Serviks atau leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim (bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina). Kanker Serviks biasanya menyerang wanita diusia 35-55 tahun. Sekitar 90% Kanker Serviks berasal dari sel skuamosa yang melapisi Serviks, dan 10% sisanya berasal dari sel kelenjer penghasil lendir pada saluran servikal yang menuju kedalam rahim.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker Serviks terjadi jika sel-sel serviks menjadi abnormal dan membelah secara tidak terkendali. Jika sel Serviks terus membelah, maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor, yang bisa bersifat jinak atau ganas. Apabila tumor pada Serviks bersifat ganas, maka keadaan itu dinamakan Kanker Serviks.

Penyebab Kanker Serviks terjadinya kelainan pada sel-sel Serviks tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor risiko yang berpengaruh terhadap terjadinya Kanker Serviks. Beberapa diantaranya sebagai berikut

  • Infeksi HPV (Human Papillomavirus), yaitu virus penyebab kutil genetalis (kondiloma akuminata) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Varian yang sangat berbahaya adalah HPV tipe 16, 18, 45, dan 56.
  • Merokok (karena dapat merusak sistem kekebalan dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada Serviks).
  • Hubungan seksual pertama yang dilakukan pada usia dini.
  • Berganti-ganti pasangan seksual.
  • Suami/pasangan seksualnya melakukan hubungan seksual pertama pada usia di bawah 18 tahun, berganti-ganti pasangan, serta pernah menikah dengan wanitayang menderita Kanker Serviks.
  • Pemakaian DES (dietilstilbestrol) pada wanita hamil untuk mencegah keguguran.
  • Gangguan sistim kekebalan tubuh.
  • Pemakaian pil KB.
  • Infeksi herpes genitalis atau kelamida menahun.
  • Golongan ekonomi lemah (karena tidak mampu melakukan tes pap smear secara rutin).

Gejala Kanker Serviks

Perubahan Kanker Serviks pada serviks biasanya tidak menimbulkan gejala dan perubahan yang tidak terdeteksi, kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul dan pap smear.

Gejala Awal Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks umumnya baru muncul ketika sel Serviks yang abnormal berubah menjadi ganas dan menyusup ke jaringan di sekitarnya. Pada saat ini, akan timbul gejala-gejala berikut:

A. Pendarahan vagina yang abnormal, terutama di antara dua menstruasi,    setelah melakukan hubungan seksual dan usai menopouse.
B. Menstruasi abnormal (lebih lama dan lebih banyak).
c. Keputihan yang menetap dengan cairan yang encer, berwarna pink atau    cokelat, mengandung darah kehitaman, serta berbau busuk.

Gejala Kanker Serviks Stadium lanjut

Beberapa gejala Kanker Serviks stadium lanjut, diantaranya ditujukkan dengan:

A. Nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, dan mudah lelah.
B. Nyeri panggul, punggung, atau tungkai.
C. Dari vagina keluar air kemih atau tinja.
D. Patah tulang (fraktura).

Itulah penyebab disfungsi seksual wanita yang ke 6 Kanker Serviks. Artikel selanjutnya masih membahas penyebab disfungsi seksual wanita  yang ke 6 yaitu Pengobatan Kanker Serviks. Baca juga Berita Kesehatan Seksual Wanita secara beraturan: