Pengobatan Untuk Kanker Vagina

Pengobatan Untuk Kanker Vagina

Pengobatan untuk kanker vagina secara medis, terdapat tiga macam prosedor pengobatan kanker vagina yaitu pembedahan, terapi penyinaran dan kemotrapi.

1. Pembedahan

Beberapa proses untuk pembedahan untuk mengobati kanker vagina, di antaranya sebagai berikut:

  • Bedah laser . Bedah laser dalam pengobatan terhadap kanker vagina bertujuan menguapkan jaringan yang adnormal.
  • Eksisi lokal luas.  Pada prosedur ini, dilakukan pengangkatan kanker dan sebagaian jaringan yang disekitarnya. Untuk memperbaiki vagina, bisa dilakukan pencakokan kulit yang diambil dari bagian tubuh yang lainya.
  • Vaginektomi (pengangkatan vagina). Jika kanker sudah menyebar keluar vagina, dilakukan vaginektomi dan histerektomi  radial ( pengangkatan rahim, ovarium,  dan tuba fallopi). Pembedahan ini bisa disertai dengan pengangkatan kelenjer getah bening.
  • Eksentrasi. Prosedur dilakukan jika kanker telah menyebar keluar vagina dan organ-organ wanita yang lainya. Pada pembedahan ini, dilakukan pengangkatan kolon bawah dan rektum atau kandung kemih (tergantung lokasi penyebaran tumor), disertai pengangkatan serviks, rahim, dan vagina. Setelah pembedahaan ini, kemungkinan perlu dilakukan pula pencakokan kulit dan bedah pelastik untuk membuat vagina buatan.

2. Terapi Penyinaran

Pada terapi penyinaran dilakukan sinar -x dosis tinggi atau sinar berenergi tinggi lainya untuk membunh sel-sel kanker dan memperkecil ukuran tumor. Penyinaran yang berasal dari sebuah mesin disebut radiasi eksterna, sedangkan penyinaran yang berasal dari kapsul atau tabung yang mengandung yat radioaktif dan dimasukan ke dalam vagina dinamakan radiasi interna. Radiasi ini bisa digunakan secara terpisah setelah pembedahan.

3. Kemoterapi

Pada kometerapi, digunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Kometrapi tersedia dalam bentuk pil atau suntikan intravena (melalui pembulu darah). Kometrapi merupakan pengobatan sistemik karena obat masuk kedalam aliran darah dan bergerak keseluruh tubuh, serta membunuh sel-sel kanker yang berada diluar vagina. Pada kemoterapi intravagina, obat kometrapi dimasukkan langsung kedalam vagina.

Pengobatan Kanker Vagina Bedasarkan Stadium

Stadium atau tingkat keparahan penyakit yang berbeda tentu memerlukan penanganan berbeda pula berikut ini penangan  upaya pengobatan kanker vagina bedasarkan stadium:

1. Kanker Vagina Stadium 0

Prosedur pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker vagina stadium 0, antara lain vaginektomi, terapi radiasi interna, bedah laser, dan kometrapi intravagina.

 2.  Kanker Vagina Stadium 1

A). kanker skuamosa,ditangani dengan prosedur sebagai berikut:

  • Radiasi internaldengan atau tanpa radiasi ekterna
  • Eksisi lokal luas, bisa diikuti dengan perbaikan vagina.pada beberapa kasus,bisa diikuti dengan terapi penyinaran.
  • Vaginektomidandiseksi kelenjargetah bening

B). Adenokarsinoma ditangani dengan prosedur sebagai berikut:

  • Vaginektomi serta pengangkatan rahim,ovarium dan tub fallopi yang disertai diseksi kelenjar getah bening panggul. pada beberapa kasus,prosedur ini bisa dilanjutkan dengan terapi penyinaran.
  • Radiasi internaldengan atau tanpa radisi eksternal
  • Pada kasus tertentu, dilakukan eksisi lokal luas dan diseksi beberapa kelenjar getah bening panggul yang diikuti dengan radiasi interna.

 3. Kanker Vagina Stadium II

Prosedur pengobatan yang dilakukan untuk pengebobatan kanker stadium II, antara lain kombinasi radiasi interna dan eksterna, serta pembedahan yang bisa dilanjutkan dengan terapi penyinaran.

 4. Kanker Vagina Stadium III

Prosedur pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker vagina stadium III, antara lain kombinasi radiasi interna dan eksterna; serta pembedahan yang terkadang dikombinasikan dengan terapi penyinaran.

 5. Kanker Vagina Stadium IV A

Sama seperti pada kanker vagina stadium III, prosedur pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker vagina stadium IV A adalah kombinasi radiasi interna dan eksterna, serta pembedahan yang terkadang dikombinasikan dengan terapi penyinaran.

 6. Kanker Vagina Stdium IV B

Pengobatan pada kanker vagina stadium IV B bisa dilakukan dengan penyinaran untuk meringankan gejala nyeri,mual,muntah, maupun gangguan fungsi pencernaan.Apalagi kanker berulang (kambuh kembali) dan menyerangan ke organ wanita lainnya,dokter akan melakukan eksenterasi (tindakan pembedahan dengan mengangkat sebagian atau seluruh organ badan), tergantung pada lokasi penyebaran kanker. hal ini juga bisa dilakukan dengan terapi penyinaran dan kemoterapi.

Artikel selanjutnya masih penyebab disfungsi seksual wanita yaitu kanker serviks.

Baca juga berita kesehatan seksualitas wanita penyebab disfungsi seksual wanita secara berurutan di bawah ini: