Waspadai Stres

Waspadai Stres

Stres bisa menimpa siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Berikut 5 tanda-tanda setres yang harus di perhatikan.

1. Mulut Terasa Pegal

Bila Anda merasa nyeri rahang, bisa saja menjadi bertanda bahwa Anda sedang stres. Biasanya, orang sedang stres memiliki kegemaran mengesek-gesekan giginya tanpa sadar atau yang sering disebut dengan teeth grinding.

2. Tidur Tidak Nyenyak

Sala satu bertanda lainya bahwa Anda sedang stres adalah sulit tidur. Biasanya orang normal akan tidur dengan nyenyak dengan durasi 7-8 jam. Namun, bila waktu tidur kurang dari itu, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami stres.

3. Gusi Berdarah

Ketika Anda sedang stres, maka hormon kortisol Anda semakin meningkat dan mengakibatkan menurunya kekebalan sehingga bakteri bisa dengan mudah menyerang tubuh Anda termasuk gusi Anda. Maka dari itu, usahakan untuk menjaga kesehatan mulut dengan berolahraga dan tidur cukup, dengan cara ini bisa membantu kita menguranggi atau menurunkan stres.

4. Munculnya Jerawat

Stres bisa saja memicu munculnya peradangan dan ahirnya melahirkan jerawat. Joe halvorsen, seorang ahli kulit dan peneliti dari University of oslo dari Norwegia berkata bahwa semakin buruk kondisi kejiwaan seseorang, maka akan semakin parah pula kondisi jerawatnya. Hal ini dikarnakan stres akan menstimulasi pertumbuhan serat-serat saraf di dekat kelenjar sebaceous yang nantinya akan meningkatkan produksi sebum, subtansi lemak  yang bersama-sama dengan sel-sel yang rusak dan sel-sel kulit mati akan membentuk bintik hitam dan jerawat diwajah atau ditubuh.

5. Suka Yang Manis-Manis

Taukah Anda bahwa stres bisa menjadi pemicu rasa lapar akan makanan manis tersebut. Stres bisa meningkatkan rasa lapar pada manusia, terutama keinginan untuk mengomsumsi makanan-makanan manis.

Baca juga berita kesehatan: Manfaat Mandi Air Dingin